dasar pemrograman

Dunia pemrograman terus berkembang pesat dengan munculnya berbagai macam bahasa pemrograman baik dekstop maupun web. Di dunia pendidikan sekarang kemampuan pemrograman ditanamkan lebih dini dibanding masa-masa terdahulu, dengan adanya pendidikan yang lebih dini diharapkan masyarakat lebih mampu dalam memenuhi tantangan dan kebutuhan industri di era revolusi industri 4.0. Masyarakat semakin dituntut untuk lebih kreatif dalam membangun suatu karya dan produk.

Di artikel ini kita akan membahas langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pembuatan program adalah sebagai berikut :

web hosting indonesia
  1. Mendefinisikan Masalah
    Tahap ini adalah proses menganalisa kebutuhan konsumen atau klien dan menentukan komponen-komponen yang akan menjadi input dan output. Tahap ini mendefinisikan apa saja yang nanti akan dilakukan oleh program dan bagaimana keluaran dari program yang kita harapkan nantinya. Pada tahap ini juga dikenal requirement analisis atau analisa kebutuhan.
  2. Perencanaan/Planning/Desain sistem
    Pada tahap ini kita menentukan langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan oleh program dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Bentuk dari perencanaan itu bisa berupa flowchart ataupun algoritma dari program, sehingga kita akan tahu proses apa saja yang ada dalam program tersebut. semakin detail flowchart atau algoritma yang dibuat semakin mudah juga pada tahap implementasi/coding nantinya.
  3. Implementasi/Koding/Programming
    Tahap ini adalah proses menulis program, tahap ini juga mencakup tahap perbaikan error dan testing. Menulis program dengan terstruktur dan sesuai dengan flowchart yang telah kita buat.
  4. Dokumentasi
    Tahap ini adalah proses membuat dokumentasi berupa gambar-gambar program yang telah dibuat lengkap dengan komentar atau keterangannya.
  5. Unit Testing
    Menguji setiap unit dan modul yang terdapat dalam program tersebut
  6. Integration Testing
    Menguji integrasi yang dilakukan kepada program seperti halnya ketika program tersebut sudah diinstall di client kita yang membutuhkan integrasi dengan sistem yang lain seperti halnya integrasi dengan database.
  7. Validation Testing
    menguji masukan yang diberikan kepada program. apapun masukannya program harus bisa menyelesaikan dengan baik.
  8. Sistem Testing
    Pada tahap ini menguji performa dari program yang telah dijalankan dalam berbagai kondisi
  9. Operasional dan Maintenance
    Pada tahap ini sebenarnya bagaimana program yang telah kita buat dan testing ini bekerja sebagaimana mestinya, update program, menyelesaikan bug atau masalah yang tidak ditemukan pada saat testing, serta pengembangan yang dapat dilakukan dengan program tersebut.

[/pl_text]
[/pl_col]
[/pl_row]

By Dohar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *